Pages

Jalan-jalan keliling Pulau Belakang Padang


Selasa, 20 Juni 2017 w ambil paspor ke imigrasi kelas II belakang padang, selesai ambil paspor sayang banget w uda habisin cuti 2 hari masa untuk perpanjang paspor doang jadi w memutuskan untuk jalan-jalan keliling belakang padang lumayan ngilangin penat.

Perjalanan ke belakang padang di mulai dari pelabuhan pancung sekupang, letaknya disamping sebelum Terimal Ferry Domestik Sekupang, untuk yang bawa motor atau mobil bisa diparkir dipelabuhan, biaya parkir untuk motor Rp 3.000,- klo mobil ga tau w, hehe.

Pelabuhan Pancung Sekupang


Kartu Penitipan Sepeda Motor

Untuk ke belakang padang kita harus nyembarang menggunakan pancung atau angkutan laut motor sangkut, harga tiketnya Rp 15.000,-/orang.

Tiket pancung/angkutan laut motor sangkut sekupang - belakang padang


Pelabuhan pancung sekupang


Kapal pancung yang terparkir di pelabuhan pancung sekupang

Perjalanan dari pelabuhan pancung sekupang ke pelabuhan belakang padang lamanya sekitar 15 menit tergantung cuaca dan gelombang air laut.

Selamat Datang Di Kecamatan Belakang Padang Pulau Penawar Rindu - Kota Batam

Belakang padang dikenal sebagai pulau penawar rindu, kenapa disebut pulau penawar rindu w sendiri pun juga ga tau, hehe sebenarnya w juga penasaran waktu kesana lupa tanya pula, cari di google belum dapet-dapet.

Pelabuhan Kuning Belakang Padang


Kapal pancung yang terparkir di pelabuhan kuning belakang padang

Waktu w lagi nunggu antrian ambil paspor, w sempet ngobrol-ngobrol sama ibu yang juga lagi nunggu antrian kebetulan beliau orang asli belakang padang, jadi w tanya-tanya aja wisata yang ada di belakang padang dan kata ibu itu belakang padang ga da tempat wisatanya, halaaah denger itu jadi sempet mager w mau jalan-jalan, tapi ya sudahlah jalan-jalan aja, w juga tanya klo naik becak keliling belakang padang berapa bayarnya?? kata ibu itu sekitar 20.000 tapi w disuru sebelum naik becak tanya harga sama tukangnya takut nanti dimahalin bisa kena 50.000 klo ga ditanya dulu.


 Becak yang terparkir diluar pelabuhan kuning belakang padang

Setelah ngobrol-ngobrol akhirnya nomor antrian w yang di panggil duluan, paspor baru uda dapet jadi w langsung pamitan sama ibu itu, kemudian w langsung bergegas pergi naik becak yang lagi parkir deket kantor imigrasi kelas II belakang padang. Sebenarnya bisa keliling belakang padang dengan berjalan kaki tapi karna w lagi puasa dan cuacanya juga panas terik banget jadi w pilih naik becak aja. 

W : keliling belakang padang berapa pak?
Tukang becak : 50.000 mba
W : mahal banget pak, ga bisa kurang?
Tukang becak : berapa orang yang mau naik mba?
W : seorang aja pak saya doang
Tukang becak : 40.000 mba
W : ga bisa kurang lagi pak?
Tukang becak : harganya sudah segito mba biasanya
W : ga jadi dh pak, saya kelilingnya jalan kaki aja 
Tukang becak : ya udalah mba bayar seiklasnya aja, terserah mba mau bayar berapa aja
W : 30.000 gimana pak? 
Tukang becak : iya mba boleh, naik lah
W : ok deal yah pak 30.000



Tukang becak yang nemenin w keliling belakang padang, namanya Bapak Aprianto

Rute pertama yang w ambil adalah jalanan utama belakang padang, sepanjang perjalanan w singgah di mesjid AT-TAQWA belakang padang.


Mesjid AT-TAQWA Belakang Padang - Kota Batam

Masih di jalan utama ga jauh dari Mesjid Mesjid AT-TAQWA kemudian w singgah ke Vihara Dharma Bhakti 



Vihara Dharma Bhakti 

Masih di jalan utama ga jauh dari Vihara Dharma Bhakti kemudian w singgah ke gedung serbaguna, bentuk bangunannya ciri khas melayu batam.

Gedung Serbaguna 

Setelah menelusuri jalan utama kemudian masuk ke jalan permukiman warga, disana w liat ada pemakaman, kata bapak apri tukang becak, itu namanya kuburan keramat, w ga tanya secara detail pemakaman itu, soalnya w kan cuma jalan-jalan biasa bukan wisata sejarah, w cuma tanya boleh di foto atau ga? ternyata boleh difoto.

Makam Keramat

Masih di jalan permukiman warga, w lihat rumahnya rata-rata masih rumah kayu ciri khas rumah melayu daerah pesisir laut, ada juga yang sudah rumah beton.



Jalan permukiman warga 



 Pemakaman Muslim Belakang Padang



Pekuburan Warga Tionghoa Belakang Padang

Jalan utama belakang padang

Setelah keliling sekitar permukiman warga w kembali ke jalan utama menuju lapangan sepak bola, terlihat jalanan begitu sepi dan lengang, sepanjang jalan w ga liat mobil sama sekali kendaraan yang w liat cuma becak dan motor tapi itu yang bikin nyaman banget, bersih, tertib dan bebas macet.

 Lapangan Sepak Bola Belakang Padang

Tempat duduk penonton sepak bola

Setelah berkeliling w turun dari becak di pelataran dataran elang-elang laut, sebelum pulang menuju ke pelabuhan kuning belakang padang w istirahat dan ngadem di pelataran dataran elang-elang sambil menikmati pemandangan laut yang kece banget, terlihat juga pemandangan kota singapur yang terlihat tidak begitu jauh dari belakang padang.



Pelataran dataran elang-elang laut belakang padang


Kapal pancung terparkir di pelabuhan kuning belakang padang background kota singapure

Setelah puas berkeliling w kembali ke pelabuhan kuning belakang padang, tiket kapal pancung Rp 15.000,-

Tiket pancung/angkutan laut motor sangkut belakang padang - sekupang 

Dan total biaya yang w keluarkan selama jalan-jalan di belakang padang cuma ngabisin Rp 63.000,- berikut rinciannya :
  1. Parkir motor Rp 3.000,-
  2. Tiket pancung sekupang - belakang padang Rp 15.000,-
  3. Becak Rp 30.000,-
  4. Tiket pancung belakang padang - sekupang Rp 15.000,-
Biaya tersebut belum termasuk makan, minum dan jajan soalnya w jalan-jalan pas lagi puasa bulan ramadhan jadi makan, minum dan jajan ga ada, hehe. Kalo ada kesempatan mudah-mudahan w bisa berkunjung ke pulau belakang padang lagi soalnya disana terkenal dengan makanan khas melayunya seperti mie lendir, perata dan kuliner lainnya. 

Selama w jalan-jalan di belakang padang, w rasa lumayan nyaman dan aman tapi tetep harus hati-hati dan waspada, buat kalian yang belum perna ke belakang padang ga usa takut selama ada map, insya Allah ga akan kesasar tinggal milih naik becak, ojek atau jalan kaki.
Read More




Pengalaman Bikin Paspor Melalui Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang


Capenya antri di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam
Selasa, 13 juni 2017 w mau perpanjang paspor coz paspor w habis masa berlakunya 19 juni 2017. W uda coba antrian online melalui website keimigrasian batam tapi ga bisa kebuka trus websitenya, jadi w harus datang ke kantor imigrasi kelas I khusus batam, w niat banget jam 6 kurang berangkat dari rumah, sampai di imigrasi kelas I khusus batam jam 6 pagi dan ternyata antriannya uda panjang banget bahkan uda ada yang antri dari jam 1 malam. Akhirnya w coba ikut antri dari jam 6 s/d jam 8 itu pun antrinya diluar kantor imigrasi, jam 8 pagi kantor imigrasi baru di buka, ada 2 orang petugas sebelum masuk kantor imigrasi kita harus kasih liat KTP dan KK.

Antrian di dalam kantor imigrasi padet banget

Setelah berhasil masuk kekantor imigrasi, di dalampun musih antri lagi dari jam 8 s/d jam 10, untuk cek kelengkapan berkas dan ambil nomor antrian di tutup sampai jam 10 pagi, sedangkan antrian lambat masih panjang banget disito w cuma bisa pasrah antara dapet atau ga, dan ternyata sia-sia w uda berdiri antri dari jam 6 s/d jam 10 ga dapet nomor antrian.

Jam 10 antrian ditutup hanya sampai di No.187

Rabu, 14 juni 2017 w coba lagi dateng ke kantor imigrasi tapi sebelumnya w uda hubungin calo antrian jadi dia yang ngantri dari jam 1 malam, w disuru dateng jam 6 sampai di imigrasi, harga calo antrian Rp100.000,- w rela lah ngeluarin uang Rp100.000,- dari pada w harus dateng tengah malem cuma buat antri doang tapi ternyata gagal lagi, soalnya di kantor imigrasi rusuh jadi w ga berani dateng, untungnya w belum bayar tuh calo.

Beralih ke Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang
Kamis, 15 juni 2017 w memutuskan untuk perpanjang paspor melalui Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang antara nyesek dan bersyukur, nyesek karena jauh musih nyembrang laut tapi bersyukur karena w belum perna ke pulau belakang padang jadi ini kesempatan w bisa pergi kesana.

Pemandangan sunrise di pelabuhan pancung sekupang

Berangkat dari jam 5.50 sampai pelabuhan sekupang jam 6.20, perjalanan dari pelabuhan pancung sekupang sampai di pelabuhan belakang padang sekitar 15 menit tergantung cuaca dan gelombang air laut.

Kapal pancung yang lagi parkir di pelabuhan pancung sekupang


Pelabuhan Belakang Padang

Sampai di pelabuhan belakang padang jam 6.40 langsung bergegas ke kantor imigrasi kelas II belakang padang. Keluar dari pelabuhan belakang padang langsung belok kiri jaraknya ga jauh sekitar 100 meter jadi bisa di tempuh dengan berjalan kaki, setelah mentok ketemu tangga langsung naik aja keatas.

Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang

Persyaratan dan dokumen yang harus disiapkan
  1. KTP asli dan fotokopi KTP penuh A4, jangan di potong kertasnya 1 lembar
  2. Kartu Keluarga asli dan fotokopi 1 lembar
  3. Akte kelahiran/buku nikah/akte pernikahan asli dan fotokopi 1 lembar
  4. Ijasah terakhir asli dan fotokopi 1 lembar
  5. Paspor lama asli untuk perpanjang paspor dan fotokopi 1 lembar
Dan lain-lain :
  1. Uang tunai Rp355.000,-
  2. Materai 6000 1 lembar, untuk anak-anak 2 lembar
  3. Pulpen warna hitam jangan sampai lupa (untuk mengisi form, surat pernyataan dan ttd)
  4. Pakaian rapih dan sopan (dilarang pakai sandal dan bagi wanita klo ga mau di usir jangan pakai hotpants)
  5. Untuk map ga usa beli karna akan di berikan map khusus imigrasi, gratis
Berhubung w mau perpanjang paspor itu syarat-syarat yang harus disiapkan, untuk syarat penggantian paspor hilang atau rusak dll bisa baca selengkapnya disini atau bisa langsung kunjungi website http://batam.imigrasi.go.id

Sampai di imigrasi w masih beruntung banget dapat no antrian 37, karena w ngurusnya pas bulan puasa antrian di tutup sampai jumlahnya 60 orang, kantor imigrasi belakang padang buka jam 8 pagi jadi yang dateng di atas jam 8 terpaksa pulang lagi karena uda penuh.

Antrian cek berkas No.37


Menunggu panggilan ditemani kucing tidur

Setelah menunggu sekitar jam 10.15 nomor antrian w akhirnya di panggil dan masuk ke ruangan Unit Pelayanan Pengaduan, sambil memeriksa kelengkapan berkas, petugas juga pertanya-tanya tentang keterangan yang ada di KTP seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan ternyata ada yang kurang w ga bawa surat rekomendasi kantor.

Petugas : pekerjaannya?
W : pegawai swasta pak
Petugas : nama perusahaannya?
W : PT. Global Konstrindo Engineering
Petugas : sebagai?
W : elecrical engineer
Petugas : Surat rekomendasi perusahaannya mana mba?
W : ga ada pak, saya kan buat paspor biasa, bukan untuk kerja di luar negeri pak
Petugas : paspor dibuat lamanya 5 tahun mba, siapa tau di Indonesia sudah susa cari pekerjaan, akhirnya mba cari kerja diluar negeri, saya liat disini tempat tanggal lahir mba di jakarta bukan dibatam lagi
W : iya tapi kan KTP saya uda batam pak, saya juga ga berminat jadi TKI pak, saya masi betah kerja di Indonesia
Petugas : karna gerbang tenaga kerja ke luar negeri itu melalui imigrasi mba, berdasarkan keputusan dari pak mentri untuk stop TKI ilegal, kita tidak tau 5 tahun kedepan seperti apa, mba bisa jadi TKI
W : iya tapi saya ga mau jadi TKI pak, klo saya keluar negeri saya maunya jadi Turis pak (sambil pasang muka melas)
Petugas : hahaha (diketawain pula w sama petugas)
bagus lah klo mba ga mau jadi TKI, tapi saya tidak tau mba bisa lolos atau tidak saat wawancara nanti, karna saya hanya bertugas untuk memeriksa berkas sesuai atau tidak 

Kemudian petugas periksa history lama perjalanan yang ada di paspor lama w, akhirnya lolos juga w dari pemeriksaan berkas tanpa surat rekomendasi kantor, kemudian w diberikan map yang berisi form dan surat pernyataan yang harus di isi.

Setelah terisi semua berkas masukan aja ke dalam map jangan lupa tulis nama kita di map dan langsung aja serahkan ke dalam ruangan foto dan wawancara disana ambil nomor antrian lagi.

Serahkan map dan ambil nomor antrian foto dan wawancara


Antrian foto dan wawancara No.56


Tempat untuk wawancara

Loket pembayaran sediakan uang tunai Rp355.000,-

Jam 12.00 kantor imigrasi istirahat dan di buka lagi jam 13.00 karena nomor antrian w masih lama jadi nunggu lagi sampai selesai istirahat, jam 14.30 akhirnya w selesai juga foto, wawancara dan bayar paspor di loket nanti kita dikasih tanda bukti pembayaran dan bukti itu harus dibawa saat menggambil paspor lamanya 3 hari kerja, sebenarnya sii simple untuk mengurus paspor tapi lama antriannya aja yang musih banyak-banyak bersabar.

Jumat, 16 juni 2017 w baru dapet info ini, bacanya itu loh nyesek banget w uda jauh-jauh nyembrang ke belakang padang dan uda selesai juga urus paspor tinggal ambil tanggal 20 juni 2017 ini pengumuman baru keluar.

Layanan antrian via whatsapp kantor imigrasi kelas I khusus batam


Kembali lagi ke Belakang Padang
Selasa, 20 juni 2017 w balik lagi ke imigrasi kelas II belakang padang untuk pengambilan paspor jam 1 siang, serahkan tanda bukti pembayaran ke petugas di ruang Unit Pelayanan Pengaduan dan tunggu panggilan, lumayan cepat lah jam 2 siang w uda selesai ambil paspor baru tapi sayang paspor lama tidak di kembalikan. 

Menunggu panggilan ambil paspor diluar ruangan unit pengaduan pelayanan


Akhirnya selesai juga

Setelah paspor w selesai, kemudian w jalan-jalan keliling belakang padang dan buat lo yang belum perna ke belakang padang dan mau berkunjung ke belakang padang sekalian baca ini yah jalan-jalan keliling belakang padang.
Read More




Ngeributin apa sii, rempong banget lo



Media sosial lama-lama makin ga asek, tiap buka rata-rata orang share berita-berita provokasi dan posting status ribut-ribut ga jelas, tapi wajar sii sekarang era kebebasan setiap orang bebas berpendapat berkomentar suka-suka hati tapi sayang kurang memperdulikan kenyamanan pengguna lainnya.

Media sosial menurut w mulai bikin ga nyaman pas ada Pemilihan Presiden Jokowi VS Prabowo dilanjutkan Pemilihan Gubernur Jakarta Anies VS Ahok dan sekarang Kasus Ahok, dulu tuh damai-damai aja tapi setelah pristiwa itu semua, mulai memanas dan mengganggu. 

Simple aja sii pemikiran w, Bapak Jokowi menang jadi presiden yah terima aja, klo lo bukan pendukungnya, yah uda lo berdoa sama Tuhan supaya Indonesia bisa lebih baik. Dan Bapak Anies menang jadi gubernur jakarta yah terima aja, klo lo bukan pendukungnya, yah uda lo berdoa sama Tuhan supaya Jakarta bisa lebih baik.

Klo orang itu bagus pasti menang klo kalah terima dengan lapang dada, orang yang terbukti salah yah dihukum toh sesuai undang-undang yang berlaku kok, bukannya KALAH berkoar-koar SALAH berkoar-koar itu bukan tolerasi namanya. W sendiri pun bukan pendukung siapapun karena w GOLPUT tapi tetep menggunakan hak suara w untuk coblos semua, dari pada hak suara ga terpakai nanti mala disalahgunakan.

Apa cuma w doang di media sosial ini yang ga ngikutin berita-berita itu semua, sudah lah ga peduli. Buat w siapa pun Presidennya Gubernurnya yang terpilih ga ada ngaruh sama hidup w.

Listrik naik tetep harus bayar, klo ga dibayar gelap gulita 
Air naik tetep harus bayar, klo ga dibayar ga mandi ga nyuci w
BBM naik tetep w beli, klo ga beli ga bisa berkendara ga bisa pergi-pergi w
Sembako naik tetep w beli, klo ga beli ga makan w
Pajak naik w bayar, terpaksa lah yee taat pajak
Masih untung KPR flat coba klo ikut naik, bisa stress juga cicilan 15tahun tuh

Untuk bayar biaya itu semua tuh,,, musih kerja cari rejeki bukan berkoar-koar, sedangkan rejeki itu datangnya dari Allah, jadi w lebih percaya sama Allah semata.

Aneh dukung manusia kok sampe segitonya kaya hidup lo uda terbebas dari biaya itu semua, uda jelas orang-orang terpilih itu yang buat aturan.

Jadi siapa pun yang terpilih mau Gubernur, Presiden, DPR MPR kayanya ga ada ngefek tuh, justru orang-orang terpilih yang ngaku-ngaku WAKIL RAKYAT itu lah yang menurut w BEBAN RAKYAT!!!
Read More




Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Winda Wijayanti | Blogger Template by Lord HTML